Selasa, 25 Februari 2014

Pentingnya Pemahaman Metode Penarikan Sampel dalam Survei Ubinan



Pernahkah anda mendengar tentang ubinan...? hehe pasti masih banyak yang belum tau kan...???  Bagi yang belum tau, saya akan coba jelaskan sedikit untuk anda, dan bagi anda yang tau atau pernah mendengarnya, gak ada salahnya kan kita refresing sedikit hehehe...
Apa itu Ubinan..?
Ubinan merupakan survei yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengestimasi produktivitas (produksi per hektar)  komoditas tanaman pangan. Tanaman pangan tu apa aja sih..? ada padi sawah, padi ladang, jagung,kedelai,kacang tanah, ubi kayu dan ubi jalar.

Bagaimana metode pengumpulan datanya?
Metode pengumpulan data produktivitas ini menerapkan pengukuran langsung pada plot ubinan terpilih (2,5 m x 2,5 m) dan metode wawancara dengan petani sampel. Informasi yang dikumpulkan dalam Survei Ubinan antara lain jenis lahan (sawah irigasi, sawah tadah hujan, sawah rawa pasang surut, sawah rawa lebak, bukan sawah), cara penanaman (monokultur, tumpang sari), jenis varietas benih, banyaknya benih yang digunakan, banyaknya pupuk yang digunakan, banyaknya pestisida yang digunakan, dan juga informasi kualitatif terkait dengan produktivitas.

Apa saja tantangan survei ubinan..???
Sebagai salah satu survei rutin yang dilaksanakan BPS, ubinan memiliki  tantangan tersendiri yang tidak dijumpai pada survei-survei  lainnya. Alat ubinan dengan bobot sekitar 12 kg, yang terdiri dari timbangan, pasak, dan batang-batang besi stainless berbagai ukuran dan diletakkan dalam tas khusus, yang dari kejauhan tampak seperti perlengkapan perang. Bisa dibayangkan kan gimana beratnya bawa alat ini ke lokasi lahan yang akan diubin. Dan pastinya setiap pegawai BPS akan terlihat gagah dan sangat keren saat menggendong alat ini.
Tantangan lainnya adalah unit sampling yang bakal diobservasi atau diukur produktivitasnya. Berbeda dengan survei-survei BPS lainnya, misalnya Sakernas atau Susenas, unit sampling yang bakal dikumpulkan karakteristiknya dalam survei ubinan bukanlah rumah tangga yang bisa dikunjungi lebih dari sekali (revisit). Tapi plot seluas 6,25 meter persegi yang berisi tanaman pangan siap panen.Karena pemanenan hanya sekali (habis dipanen tanaman tak mungkin ditanam kembali), kesempatan untuk mengukur produktivitas juga hanya sekali. Jika tanaman yang akan diubin sudah terlanjur dipanen duluan, maka terjadilah non-response. 

Kenapa bisa terjadi lewat panen???
Dalam prakteknya, kejadian lewat panen kerap terjadi di lapangan. Alasan yang paling sering terjadi karena petani sudah panen duluan tanpa berkoordinasi dengan petugas BPS yang akan melakukan ubinan pada hari panen yang sebelumnya telah disepakati bersama. Hal ini bisa saja terjadi karena petani tidak paham tentang teori sampling, petani tidak tahu betapa pentingnya sample dalam sebuah survei. 

Saat terjadi lewat panen, bisakah penggantian sampel dilakukan? Bukankah hasilnya bakal sama saja jika yang digunakan adalah sampel yang karakteristiknya mirip? 
Jika anda memahami teori sampling berpeluang tentu dengan tegas anda akan menjawab TIDAK, alasannya kaidah probability sampling, yang memungkinkan dilakukannya estimasi terhadap parameter populasi telah dilanggar. Konsekwensi yang ditimbulkan penggantian sampel lebih berbahaya dari non-response (bias). 

Separah apakah bahaya bias itu?
Tahukah anda, pemerintah telah menghabiskan triliunan anggaran negara untuk mendanai berbagai program pertanian, seperti subsidi pupuk, bantuan benih unggul, pendampingan, dsb,guna meningkatkan produktivitas komoditas tanaman pangan. Berbagai program itu direncanakan, dilaksanakan, dan dievalusi berdasarkan data produktivitas yang dihasilkan dari Survei Ubinan. Jika data yang dijadikan dasar perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program-program pemerintah yang menghabiskan dana triliunan rupiah itu ternyata bias dan melenceng, tentu akan bias dan melenceng pula hasil yang diharapkan oleh pemerintah untuk mensejahterakan petani di negara kita.


Sumber : www.sirusa.bps.go.id, www.widyalaya.info dan Catatan Kadir
Title: Pentingnya Pemahaman Metode Penarikan Sampel dalam Survei Ubinan; Written by andy; Rating: 5 dari 5

1 komentar:

  1. Pak, bolehkah saya meminta file yg berisi prosedur ubinan? Seperti halnya langkah2, alat yg digunakn, dan lain sebagainya? Terimakasih

    BalasHapus

Artikel Terkait

”” ”” ”” ””

Komentar Sahabat