Kamis, 20 Februari 2014

Harga Karet Turun, Petani di Air Rami Resah




Di awal tahun 2014 ini, petani karet di Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomumuko dihadapkan dengan realitas harga getah karet yang semakin menurun. Beberapa hari yang lalu, saat saya melakukan pencacahan lapangan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) di Desa Cinta Asih, Responden yang rata-rata berprofesi sebagai petani karet banyak yang mengeluhkan rendahnya harga karet saat ini. "Harga karet beberapa bulan ini turun terus pak, sekarang kami jual ke tengkulak Rp.6.000 - Rp.6.500 per kg, tergantung dengan kualitas karetnya. Masa sih, dengan 3 kg karet kami hanya bisa untuk beli beras 1 kg" ungkap Dudung Suharma, salah seorang responden saya.

Di tempat berbeda, Santoso salah seorang toke karet di Desa Bukit Mulya yang juga merupakan responden saya dalam survei Harga Perdagangan Besar bulanan mengatakan " beberapa bulan terakhir memang harga dasar karet di pabrik terus menurun mas, saat ini harga dasar aja sudah Rp. 18.000/kg dan perkiraan bakal turun lagi. Rata-rata kadar karet dari daerah kita setelah diukur di pabrik berkisar antara 50% - 54%. kalo ketemunya 54 % mas,berarti karet yang saya jual dihargai Rp. 9.720/kg di pabrik".

Berdasarkan angka final hasil Sensus Pertanian 2013 yang dirilis Badan Pusat Statistik, jumlah rumah tangga pertanian di Kecamatan Air Rami  tercatat sebanyak 2.458 rumah tangga yang tersebar di 12 Desa yang ada di Kecamatan Air Rami, dan subsektor perkebunan adalah yang paling mendominasi (paling banyak diusahakan). Di Kabupaten Mukomuko, dari tahun 2003-2013 subsektor perkebunan mengalami pertumbuhan sebesar 39,71 %.

Berdasarkan angka hasil Sensus Pertanian 2013 tersebut, dapat kita simpulkan bahwa sebagian besar penduduk di Kecamatan Air Rami yang berprofesi petani subsektor perkebunan, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sangat tergantung dengan penghasilan dari produksi karet. Dan sangat wajar jika saat ini petani karet kita sangat resah dengan kondisi harga yang terus menurun. Semoga kondisi ini tidak bertahan lama dan harga bisa stabil kembali.

Terima kasih,dan semoga bermanfaat


Title: Harga Karet Turun, Petani di Air Rami Resah; Written by andy; Rating: 5 dari 5

2 komentar:

Artikel Terkait

”” ”” ”” ””

Komentar Sahabat