Senin, 17 Februari 2014

Bermain Statistik dengan Microsoft Excel 2010




Hai sobat, Tahukah anda..??
Membuat pengolahan data penelitian atau data administratif tidak selalu harus dilakukan dengan program-program statistik, ternyata Microsoft excel juga mampu melakukan hal tersebut.

Kadang Kita kebingungan saat mengolah data statistik, karena pada laptop maupun PC kita tidak ada program statistik. Dalam benak kita, data statistik harus diolah dengan program statistik, misalnya SPSS, SAS, Minitab dan lain sebagainya. Padahal kita bisa menggunakan microsoft excel 2010 untuk membuat data statistik. Kali ini saya akan membagi sedikit ilmu kepada kalian gimana cara membuat data statistik menggunakan microsoft excel 2010.


Statistik adalah ilmu dan seni atau teknik untuk mengumpulkan data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan berdasarkan data yang berhasil dihimpun.

 
Baiklah… yuk kita simak langkah-langkahnya.


Terlebih dahulu kita aktifkan Referensi Tools Statistik Pada Excel 2010. Microsoft Excel 2010 sudah menyediakan dua fasilitas untuk mengolah data statistik, yaitu dengan memanfaatkan fungsi-fungsi statistik yang ada, dan perintah analisis yang merupakan perintah tambahan (add-in) sehingga tidak ditampilkan pada menu utama Microsoft Excel 2010.Sebelum dapat menggunakan perintah data analisis, langkah pertama yang harus dilakukan adlah mengaktifkan referensi tools yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel , langkah-langkahnya sebagai berikut.
 
Langkah 1
Aktifkan program Microsoft Excel hingga terdapat worksheet kosong.

 
Langkah 2
Klik FileMicrosoft Excel yang berada di ujung kiri atas jendela utama. Klik Menu Options .



Langkah 3

di kotak dialog Excel Options klik menu add-ins yang ada di jendela sebelah kiri.Pilih dan Klik Analysis tool pack pada daftar aplikasi add-ins yang tidak aktif. Kemudian Klik tombol Go, dan sebuah kotak dialog add-ins ditampilkan.

 
Langkah 4
Berikan tanda check (lihat gambar) pada kotak check analysis tool pack.Kemudian  klik tombol OK dan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi berakhir.



Oc..proses instalasi udah beres nih.. tinggal sobat otak atik dan pelajari aja fungsi-fungsi yang ada di dalamnya.. dengan analysis tool pack ini sobat bisa menyelesaikan masalah regresi, mean, modus, median, uji White untuk heteroskedastisitas dll.. selamat mencoba ya...
Title: Bermain Statistik dengan Microsoft Excel 2010; Written by andy; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terkait

”” ”” ”” ””

Komentar Sahabat