Selasa, 18 Februari 2014

Inilah Hasil Karya Kami





Apakah Anda memiliki visi dengan apa yang anda kerjakan atau lakukan saat ini? Apakah Anda memiliki visi ke depan tentang pekerjaan, usaha, kegiatan sosial, atau kegiatan sehari-hari yang anda lakukan? Apakah terkait satu dengan yang lain? Ataukah Anda mengalir begitu saja.

Mari kita renungkan sebuah cerita tentang tiga orang tukang batu yang sedang membuat sebuah monumen di sebuah kerajaan antah berantah. Seorang utusan istana diberikan tugas untuk mengawasi mereka.  ia bertemu dengan tukang batu pertama dan menanyakan apa yang sedang dikerjakan oleh si tukang batu? si tukang batu menjawab “Saya ini seorang tukang  batu dan kerjaan saya menumpuk batu satu persatu untuk menjadi tembok”.

Kemudian utusan istana bertemu dengan tukang batu kedua. Ia kemudian mengajukan pertanyaan yang sama. Tukang batu kedua menjawab “Saya sedang melakukan pekerjaan menyusun batu agar menghasilkan uang untuk keluarga saya"

Akhirnya ia bertemu dengan tukang batu yang ketiga. Dan kembali menanyakan pertanyaan yang sama, tukang batu itu menjawab sambil tersenyum mengagumi karyanya yang masih setengah jadi, “saya sedang mengerjakan monumen terindah di kota ini, ini akan menjadi hal yang hebat, banyak orang yang akan kagum melihatnya”.

Dari percakapan di atas, kita bisa menilai siapa yang memiliki visi dan tujuan besar dalam hidupnya. Jelas tukang batu yang ketiga menunjukkan attitude yang berbeda, tampak ia memiliki kecintaan terhadap pekerjaannya dan mau memberikan yang terbaik. Orang yang memiliki harapan yang besar terhadap apa yang ia lakukan. Terlepas apa yang akhirnya ia dapatkan, ia akan memberikan yang terbaik yang ia bisa. Dan orang pada akhirnya bisa melihat semangat dan tanggung jawab yang besar dari orang tersebut, dan suatu saat itu semua akan terbukti.

Bagaimana dengan kita..?? 
Betapa indahnya bila kita pegawai Badan Pusat Statistik (BPS) dapat menaruh sebongkah misi hidup yang dipadukan dalam sebuah kerja. Pegawai yang memahami benar kehadiran karyanya. Terlebih lagi bukankah demikian tugas kita yaitu menghadirkan secercah kesejahteraan bagi masyarakat melalui data yang kita sajikan. Semoga saja kita dapat memiliki attitude seperti tukang batu yang ketiga yang mempersembahkan karya terbaik bagi bangsa. Hingga pada saatnya data yang kita hasilkan, di-publish kita dapat dengan bangga berujar kepada orang-orang “ini dia hasil karya kami”.

 

Title: Inilah Hasil Karya Kami; Written by andy; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terkait

”” ”” ”” ””

Komentar Sahabat