Senin, 10 Februari 2014

Mengatasi Rasa Malas dan Jenuh Saat Bekerja



Rutinitas yang sama setiap harinya membuat Anda mulai malas-malasan dalam bekerja, prestasi kerja menurun, malas masuk kantor, dan tidak ada semangat bekerja merupakan indikasi Anda mengalami kejenuhan dalam bekerja. Sebelum mendapat teguran dari atasan dan merusak kinerja Anda, segera cari solusi untuk menumbuhkan semangat bekerja dalam diri Anda. Tips berikut dapat Anda praktekan untuk memperbaiki kinerja dan menghilangkan rasa jenuh saat bekerja. Selamat mencoba!

1.    Cari tahu penyebab rasa jenuh
Rasa jenuh tidak datang tiba-tiba melainkan akumulasi dari rutinitas dan sugesti negatif yang secara perlahan tertanam dalam pikiran Anda. Mulailah membangun sugesti positif terhadap bidang pekerjaan dan tugas-tugas yang diberikan. Lihat sekeliling Anda, apakah ada rekan atau atasan yang tidak bersahabat sehingga menjadikan Anda tidak betah berada dikantor. Abaikan rasa jenuh tersebut dan tetap berpikir positif serta bekerja dengan sebaik-baiknya untuk menciptakan suasana yang nyaman dikantor. Suasana kerja yang nyaman dapat membangun semangat dan kinerja pun dapat meningkat kembali.

2.    Pikirkan hal menyenangkan

    Cara termudah untuk menghilangkan jenuh adalah mengingat kembali hal-hal menyenangkan yang Anda peroleh selama menekuni pekerjaan tersebut. Ingatlah hal apa saja yang membuat Anda bersemangat dan menyukai pekerjaan Anda. Dengan mengingat kembali hal-hal yang disukai akan me-refresh  hati dan pikiran Anda sehingga rasa lelah dan jenuh yang datang akan dihapus oleh semangat baru yang menggebu-gebu.

3.     Carilah teman di kantor
    Teman adalah salah satu penghilang jenuh terbaik. Dengan memiliki teman di tempat bekerja yang dapat menjadi tempat Anda untuk berbagi keluh-kesah atau sekadar melakukan hobi bersama, seperti wisata kuliner atau sekedar menonton film akan mengalihkan pikiran dan rasa lelah serta jenuh Anda dari rutinitas pekerjaan. Kehadiran teman membuat Anda tidak merasa sendirian dan melupakan sejenak rasa jenuh terhadap pekerjaan dan menjadi penyemangat hari-hari Anda yang membosankan.

4.     Tiru teman yang sangat mencintai pekerjaannya

    Salah satu manfaat memiliki teman di tempat Anda bekerja adalah dapat menjadi contoh Anda selama hal tersebut bersifat positif.  Contohlah perilaku rekan kerja yang selalu memiliki semangat dan prestasi bagus. Anda juga dapat meminta saran dan nasihat mereka untuk dapat menghilangkan rasa lelah dan jenuh di tempat bekerja maupun cara mengatasi beban pekerjaan yang begitu berat. Jadikan cara jitunya sebagai inspirasi bagi Anda untuk menambah motivasi bekerja dan praktekan langsung apa yang mereka sarankan pada Anda.

5.     Manfaatkan jatah cuti
    Rutinitas yang sama setiap harinya membuat seseorang hidup bagaikan robot yang telah diprogram. Bedanya Anda dengan robot adalah Anda memerlukan refreshing pikiran, raga, dan hati dari rutinitas tersebut agar mendapatkan udara segar untuk menenangkan jiwa. Manfaatkan jatah cuti yang diberikan kantor dan lakukan liburan singkat bersama teman maupun keluarga yang dapat membuat Anda rileks serta kembali segar.

6.     Rencanakan masa depan

    Saat mengalami fase jenuh, inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk melihat dan menata kembali rencana masa depan. Apakah Anda akan tetap bertahan pada pekerjaan tersebut atau akan pindah ke bidang lainnya. Rencana masa depan yang jelas, dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan semangat kerja. Atur ulang kembali apa saja target Anda untuk masa depan dan langkah apa saja yang harus Anda lakukan untuk dapat mencapai tujuan tersebut dan lihat keajaiban yang akan terjadi pada semangat kerja Anda.

7.     Ubah suasana kerja
    Perubahan suasana ini bisa berupa pengaturan ulang meja dan peralatan kantor di sekitarmu serta mengakrabkan diri dengan rekan kerja. Pajanglah berbagai benda atau foto di atas atau sekeliling meja yang selalu membuatmu bahagia dan termotivasi untuk bekerja. Lingkungan kerja yang nyaman dapat memberikan udara positif bagi Anda dan membuat Anda bersemangta untuk bekerja dan bekerja.

8.     Nikmati pekerjaanmu
    Hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menikmati bidang pekerjaan yang Anda tekuni, pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan. Namun, jika bekerja secara terpaksa, maka pekerjaan yang ringan akan menjadi berat dan pekerjaan yang berat akan semakin berat. Jika Anda tidak dapat melakukan hal ini maka sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan lain dan segera pindah dari tempat Anda bekerja sekarang juga.

Sumber
Title: Mengatasi Rasa Malas dan Jenuh Saat Bekerja; Written by andy; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terkait

”” ”” ”” ””

Komentar Sahabat