Senin, 10 Februari 2014

Kecerdasan Emosi dalam Bekerja



Anda tentu pernah dengar tentang emotional intelligence atau kecerdasan emosi.  Kecerdasan emosi di tempat kerja  memungkinkan kita lebih mampu bekerja sama dengan team kerja, bijak dalam membuat keputusan dan lebih produktif.

Nah, bagaimana kecerdasan emosi kita berpengaruh dalam kinerja kita di kantor? Inilah 3 hal yang ada dalam kecerdasan emosi:  pengelolaan suasana hati, keterampilan interpersonal dan  motivasi diri.

Pengelolaan suasana hati, adalah kemampuan untuk mengelola emosi Anda.  Emosi adalah gabungan dari  pikiran, hasrat, dan perilaku. Hindari berpikiran, misalnya: “Penilaian karya ini sungguh-sungguh menyebalkan!” Hal ini hanya akan mebuat Anda kesal pada diri sendiri.

Jadi, tingkatkanlah kesadaran Anda pada apa yang Anda pikirkan, dan ubahlah menjadi sesuatu yang bernada positif, seperti: “Inilah kesempatan bagi saya untuk belajar menjadi lebih efektif dan efisien.” Pemikiran seperti ini akan membuat Anda tenang, percaya diri  serta bersikap  kritis membangun pada diri sendiri.

Kemahiran interpersonal. Ini adalah kemampuan Anda dalam menjalin hubungan baik dengan orang-orang di sekitar.  Mampu mendengarkan dengan baik serta menerima kritik tanpa bersikap defensif, tidak sering menginterupsi dan memberi alasan-alasan yang tak berdasar, adalah penerapannya.  Sikap defensif hanya akan mengurangi produktivitas kerja.     

Motivasi diri adalah kemampuan Ada untuk memulai segala sesuatu sendiri. Adalah penting untuk mendorong diri Anda sendiri menerapkan hal-hal yang telah Anda pelajari.  Agar lebih mudah untuk menerapkan motivasi diri, lakukanlah satu tips peningkatkan diri setiap harinya. Ini akan menghindarkan Anda dari luapan pekerjaan.

Tentukan saat-saat khusus untuk melakukan tugas-tugas yang berorientasi pada pengembangan diri, misalnya melengkapi laporan-laporan rutin, sehingga Anda dapat menyerahkannya tepat waktu.
Dengan menjalankan kesemuanya ini, berarti  Anda benar-benar cerdas emosi saat bekerja!


Sumber : esensi.co.id
Title: Kecerdasan Emosi dalam Bekerja; Written by andy; Rating: 5 dari 5

2 komentar:

Artikel Terkait

”” ”” ”” ””

Komentar Sahabat