Selasa, 18 Februari 2014

Bahaya Iri Hati Bagi Kesehatan


Pernahkah anda merasakan iri terhadap keberhasilan orang lain????
Tahukah anda..sifat iri hati merupakan salah satu penyakit berbahaya dari sekian banyak penyakit yang memiliki dampak negatif terhadap jasmani maupun rohani manusia. Seseorang yang telah terjangkit penyakit ini, akan merasa tidak senang dengan kebahagiaan atau kesuksesan yang diraih orang lain. 
 
Nabi telah bersabda dalam salah satu hadits, " Jauhilah oleh kamu hasud (iri hati), karena sesungguhnya hasud (iri hati) akan memakan kebaikan sebagaimana api membakar kayu bakar".
Jika kita mengambil hikmah dan peringatan dari hadits ini, maka sudah jelaslah bahwa iri hati akan membawa banyak dampak negatif terhadap orang yang memilikinya. Kebaikan tidak hanya mencakup amal perbuatan yang telah dilakukan, akan tetapi juga mencakup kesehatan jasmani maupun rohani seseorang.

Penyakit iri hati akan mengakibatkan stres secara berlebih, sehingga memacu pengeluaran hormon-hormon seperti hormon adrenalin dan kortisol. Akibatnya akan terjadi peningkatan glukoneogenesis dan aktivitas lain yang memacu kerja jantung, ginjal, dan lever. Disamping itu akan memacu pengeluaran asam lambung yang berlebih yang tentu saja akan mengganggu pencernaan.

Orang yang memiliki penyakit iri hati, otomatis hidupnya akan jauh jauh dari ketenangan dan ketentraman. Ia akan selalu merasa tidak tenang dan gelisah ketika ada orang lain yang mendapatkan kebahagiaan, kelebihan, dan kesuksesan. Akibatnya rasa iri yang berlebihan dan terus-menerus akan merusak tatanan metabolisme tubuh sehingga meningkatkan metabolisme rate. Akhirnya, manifestasi dari penyakit ini adalah adanya rasa gelisah, berdebar-debar, suhu tubuh meningkat, banyak kencing, mual, dan perut kembung. Apabila hal ini terus terjadi, lambat laun akan menyebabkan penyakit jantung koroner, gondok, lever, ginjal, dan dispepsia, bahkan dapat beresiko terkena penyakit kanker.

Sahabat sekalian, "Hidup adalah suatu pilihan (Life Is Choice)" merupakan suatu kata yang sering kita dengar, membutuhkan usaha keras untuk diamalkan, akan tetapi sangat mudah untuk kita lupakan. Kita dapat memilih menjadi orang yang memelihara rasa iri hati di dalam dirinya, maka segala konsekuensi yang telah disebutkanpun akan didapatkan. Atau kitapun dapat memilih menjadi orang yang membuang jauh-jauh rasa iri hati sehingga yang kita dapatkan adalah ketentraman dan ketenangan hidup meskipun banyak orang yang berusaha untuk menjatuhkan kita.

"Berusaha untuk tetap melangkah meskipun ribuan orang berusaha untuk menjatuhkan"

Org kerdil gampang iri hati pada nikmat yang diberikan orang lain. Orang besar sebaliknya, gampang bersyukur saat melihat orang lain senang. Percayalah bahwa Allah telah mengatur pemberian rizki pada manusia dgn sebaik-baik dan seteliti-telitinya pengaturan. Berhati-hatilah karena dengan iri hati, berarti kita tidak ridho dengan ketetapan yang Allah gariskan pada kita dan orang lain.

Semoga kita smua dijauhkan dari sifat iri hati ini...Aminnn....
Title: Bahaya Iri Hati Bagi Kesehatan; Written by andy; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terkait

”” ”” ”” ””

Komentar Sahabat