Senin, 03 Maret 2014

Rapat Teknis KSK BPS Provinsi Bengkulu 2014



Tahun 2014 ini, BPS Provinsi Bengkulu kembali menyelenggarakan Rapat Teknis Daerah Koordinator Statistik Kecamatan (KSK). Acara yang dilaksanakan mulai tanggal 27 Februari s.d 01 Maret 2014 ini diikuti oleh 98 Peserta yang terdiri dari seluruh KSK Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu dan bertempat di Hotel Grage Horizon Kota Bengkulu. Dari 10 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Bengkulu, BPS Kabupaten Mukomuko mengirimkan sebanyak 11 KSK. Ratek KSK kali ini mengusung tema " Dengan Reformasi Birokrasi Kita Tingkatkan Kualitas Data dan Pelayanan Prima".

Berbeda dengan Ratek tahun-tahun sebelumnya, ratek kali ini terasa lebih spesial karena diselingi dengan acara briefing survei Ubinan. Kenapa begitu spesial..? Survei ubinan merupakan salah satu survei yang hasilnya begitu banyak disorot oleh banyak pengguna data. Dengan briefing ini, diharapkan seluruh KSK sebagai ujung tombak BPS,khususnya BPS Provinsi Bengkulu akan memiliki keseragaman konsep dan tata cara survei ubinan. Selain itu,briefing ini juga dimanfaatkan sebagai ajang berbagi ilmu antara KSK senior dan KSK baru yang belum pernah melaksanakan survei ubinan,sehingga diharapkan suatu saat ketika KSK junior ini mendapatkan sampel ubinan,mereka tidak akan gagap dalam pelaksanaannya.

Suasana Ratek KSK kali ini terasa kian istimewa dengan kehadiran Kepala Bagian Administrasi Umum STIS, Dr.Ir. Bagus Sumargo, M.Si yang sudah menyempatkan diri datang ke Bengkulu dan memberikan paparan tentang Upaya Meningkatkan Etos Kerja KSK di Era Reformasi Birokrasi BPS. Menurut pak Bagus, "ada beberapa faktor yang menghambat etos kerja antara lain sifat munafik, tidak bertanggung jawab, feodal, percaya pada tahayul, lemah wataknya, alon-alon asal kelakon yang mengarah pada rasa malas,lamban,tidak gigih, no money no survey,prasangka buruk dll".

Selain Pak Bagus, dalam sesi lainnya, Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Bapak Ir. Dody Herlando, M.Econ dalam paparannya tentang "Etos Kerja KSK dalam Zona Integritas", menyampaikan beberapa hal yang harus dilakukan KSK dalam meningkatkan etos kerja. "KSK harus membulatkan tekad dan niat yang tulus, membangun kiat agar masyarakat sadar statistik, menyikapi prioritas tugas dan memanfaatkan jejaring kerja serta TIK, belajar membangun sistem kerja yang efektif dan efisien". Selain itu,Pak Dody juga mengatakan " Fokus BPS saat ini adalah peningkatan kualitas data dan pelayanan prima".


Title: Rapat Teknis KSK BPS Provinsi Bengkulu 2014; Written by andy; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terkait

”” ”” ”” ””

Komentar Sahabat