Kamis, 27 Maret 2014

Mitra BPS Adalah Orang-orang Terbaik







Badan Pusat Statistik (BPS) adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen yang mempunyai fungsi pokok sebagai penyedia data statistik dasar, baik untuk pemerintah,maupun masyarakat umum, secara nasional maupun regional. BPS juga terdapat di setiap Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia, yang  dinamakan perwakilan BPS di daerah, karena BPS merupakan instansi vertikal, yakni instansi pemerintah pusat yang berada di daerah, sehingga bukan merupakan bagian dari instansi milik daerah, Tugas lain BPS di daerah adalah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam rangka penyelenggaraan statistik regional. Di samping memiliki kantor pewakilan hingga daerah tingkat II (Kabupaten/Kota), aparat BPS ada di setiap Kecamatan, yaitu Penanggungjawab Kegiatan BPS Tingkat Kecamatan atau saat ini disebut sebagai KSK (Koordinator Statistik Kecamatan) .

Dalam pekerjaan yang sifatnya besar,seperti sensus ataupun survei yang membutuhkan energi yang banyak, BPS selalu merekrut petugas yang berasal dari berbagai kalangan. Di BPS, petugas ini dikenal dengan istilah "Mitra Statistik". Hampir di setiap wilayah, baik itu setingkat Desa/Kelurahan maupun setingkat Kecamatan, BPS selalu memiliki mitra andalan dengan kualitas yang mumpuni dan merupakan orang-orang terbaik yang ada di wilayahnya. Kualitas Mitra Statistik ini tidak bisa dipungkiri, ditambah lagi dalam setiap kegiatan BPS, mereka dilatih secara khusus sehingga memiliki pengetahuan yang cukup tentang metodologi dan alur pendataan BPS.

Banyak sekali mitra statistik BPS baik yang masih aktif maupun tidak, yang menjadi aparat desa baik Kades, sekdes, kaur pemerintahan dan lain sebagainya, bahkan ada juga yang menjadi Camat atau Sekcam. Sebuah contoh nyata, di Kecamatan Air Rami saat ini sudah ada dua orang mitra statistik andalan yang menjadi Kades dan beberapa orang yang menjadi perangkat desa. Munir Naif (Kades Talang Rio), Kadarsyah (Kades Mekar Jaya), Ikhsanudin (Sekdes Makmur Jaya), Aji Indra Sukma, Abdullah Hanif, Sugeng Supriadi, Eko Budiono, Zulfan Armensyah, Yoni Korneo, Slamet Sudarmadi, Sukasih, Heriyanto, dll , yang seluruhnya adalah orang-orang pilihan dengan kinerja yang bagus, berdedikasi dan selalu menjadi pilihan utama dalam setiap kegiatan BPS yang melibatkan mitra statistik, khususnya di wilayah Kecamatan Air Rami. Sebagai KSK Air Rami, sebuah kebanggaan bagi saya mempunyai rekan kerja seperti mereka, rekan kerja yang mempunyai visi dalam usaha membangun masyarakat di wilayahnya.

Tentu saja dengan kualitas petugas terbaik belum tentu  menjamin data yang akan dihasilkan akan bagus juga. Ada faktor "X" lain yang perlu diperhatikan, yaitu kurangnya kesadaran masyarakat pemberi data untuk jujur dan menjawab setiap pertanyaan dengan apa adanya. Saat ini doktrin yang selalu ada di benak masyarakat kita adalah " Setiap ada pendataan pasti ada bantuan yang bakal mereka terima " sehingga mereka akan menjawab cenderung mengarah agar mereka dianggap tidak berkecukupan. Di era modern seperti ini masyarakat kita masih banyak yang berfikiran dangkal dan tidak faham akan pentingnya data yang nantinya akan dijadikan tolak ukur pemerintah dalam mengevaluasi dan merencanakan program-program pemerintah dalam usaha mensejahterakan masyarakat. 

Ironis tentunya, dan ini adalah tantangan  bagi kita para pemburu data. Tantangan ini harus kita jadikan motivasi untuk mencari trik terbaik agar data yang dihasilkan adalah data yang benar-benar relevan sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Sekian...semoga tulisan ini bermanfaat......
Title: Mitra BPS Adalah Orang-orang Terbaik; Written by andy; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terkait

”” ”” ”” ””

Komentar Sahabat